Taman Nasional Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Komodo

Pulau Komodo
Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Berlibur ke Pulau Komodo, merupakan salah satu destinasi yang harus dikunjungi minimal satu kali selama hidup. Merupakan salah satu daerah yang sempat menjadi nominasi 7 wonder of world, Pulau Komodo ini terkenal dengan hewan purbanya yang disebut dengan Komodo. Terdapat beberapa pulau yang mempunyai habitat Komodo di sini, yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Untuk bisa sampai ke Pulau Komodo, gerbang utama apabila kita menggunakan pesawat udara adalah Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Setibanya di Labuan Bajo, kita dapat menyewa kapal motor, speed boat ataupun kapal phinisi untuk berlayar menuju ke Pulau Komodo dan pulau - pulau di sekitarnya. Pelabuhan Labuan Bajo adalah tempat untuk penyewaaan kapal tersebut.

Kapan Harus Berkunjung?

Ideal kunjungan ke Pulau Komodo adalah pada musim kemarau ketika air laut lebih tenang, namun pemandangan yang didapatkan akan sangat berbeda. Pada saat musim kemarau sampai dengan awal musim hujan pemandangan di savana Pulau Komodo ini akan seperti di Afrika berwarna kuning. Namun apabila kunjungan dilakukan pada akhir musim hujan dan awal musim kemarau maka savana akan menjadi berwarna hijau. So, tentukan pilihan Landscaper. Kuning atau hijau?

Nginap di mana?

Bagi sebagian Landscaper yang berkunjung ke Pulau Komodo, pilihan tidur di kapal dan bersandar di sekitar Pulau Komodo adalah pilihan yang paling favorit. Karena hampir semua kapal sudah menyediakan kamar untuk tempat beristirahat.

photo by @faithf2k

Spots

Mari kita cek bersama keindahan Taman Nasional Pulau Komodo dan pulau - pulau di sekitarnya.