Air Terjun Kapas Biru

photo by @adi_mrizal

Ada sebuah air terjun yang bernama Kapas Biru di Kec. Pronojiwo, Lumajang. Dinamakan demikian karena air yang turun dari air terjun tersebut sangatlah jernih, dan jika kita perhatikan dengan lebih seksama,  warna biru akan terlihat di bagian bawah dari air yang jatuh.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kapas Biru, para Landscaper diharuskan untuk berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1 km dari termpat parkir. Jalur yang harus dilewati bukanlah jalanan mulus, melainkan jalur naik turun yang cukup ekstrim, terlebih lagi para Landscaper akan melewati sebuah tangga yang hanya bisa digunakan bergantian.

Ada beberapa bagian yang kadang akan berlumpur jika musim hujan. Namun, semua itu akan terbayar apabila kita sudah tiba di bawah, pesona keindahan air terjun ini memang cocok rasanya untuk dijadikan salah satu target bidikan kamera para Landscaper.

Ketinggian dari air terjun ini lebih dari 25 meter, dan aliran air yang jatuh dari atas cukup deras, jadi para Landscaper harus ekstra hati hati saat berada di dekat air terjun.

Menuju ke...
Air Terjun Kapas Biru

Cara untuk menuju ke Air Terjun Kapas Biru dari arah Malang adalah via rute: Kota Malang - Turen - Dampit - Pronojiwo. Setibanya di  kantor polisi Pronojiwo, tidak jauh dari polsek ada sebuah plang bertuliskan Air Terjun Kapas Biru. Kemudian belok ke kanan di  jalan cor beton dan ikuti saja jalan tersebut sampai ujung. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 2-3 jam tergantung kondisi lalu lintas. Kondisi jalan sudah lumayan baik sehingga dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Fasilitas

Fasilitas di sini masih terbilang sangat minim, namun tetap tersedia tempat parkir dan toilet bagi pengunjung.

photo by @adi_mrizal

theView

Penasaran dengan keindahan Air Terjun Kapas Biru? Mari kita cek bersama melalui galeri di bawah ini.