Broken Beach

photo by @tooheer

Dianamakan Broken Beach Karena keberadaan tebing tinggi yang berlubang pada bagian tengahnya.

Broken Beach juga dikenal sebagai Pantai Pasih Uug berarti pantai yang patah. Pantai ini memiliki sebuah tebing dengan tinggi sekitar  50-200 meter yang berlubang di bagian tengahnya, sehingga tampak seperti gua yang dialiri air laut.

Air laut yang terperangkap di tengah-tengah tebing ini membuat Broken Beach atau Pantai Pasih Uug seolah-olah mirip seperti sebuah kolam raksasa. Tebing yang bolong juga menambah keunikan tempat ini, karena bolong pada tebing ini terlihat seperti jembatan.

Broken Beach

Untuk menyeberang ke Pelabuhan Buyuk di Nusa Penida kita dapat menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Padang Bai Bali. Perjalanan dengan kapal cepat hanya memerlukan waktu 30 menit perjalanan, tapi biaya yang dikeluarkan lebih mahal, sekitar Rp65 ribu. 

Ada opsi lain, yaitu apabila para Landscaper menggunakan mobil, dapat menyeberang menggunakan Kapal Roro yang juga terdapat di Pelabuhan Padang Bai. Namun waktu tempuah akan lebih lama. Buat kalian yang menginap di Kuta tapi mager melakukan perjalanan 1 jam sampe ke Padang Bai. Kita juga bisa menuju ke pelabuhan Sanur dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 10 menit. Di pelabuhan Sanur kita bisa menggunakan fast boat express dengan tujuan Banjar Nyuh dan pelabuhan Buyuk. Jam operasional di pelabuhan Sanur ini dimulai dari am 08.00 sampe 16.00 yang juga menyesuaikan dengan kondisi di laut.

Sampai di Nusa Penida, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan darat dan alat transportasi terbaik adalah menggunakan sepeda motor. Setidaknya membutuhkan waktu 2 jam perjalanan ke Pantai Atuh dari Pelabuhan Sampalan. Sudah ada penyewaan sepeda motor untuk berkeliling objek wisata di Nusa Penida yang disewakan dengan kisaran harga Rp 75.000/hari.

photo by @harlim

Spots

Foto di Broken Beach