Segara Anak

photo by @rickykukeko

Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani, tepatnya di desa Sembalun Lawang, pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Nama Segara (bahasa Jawa untuk laut) Anak berarti anak laut diberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Jika seorang pendaki mendaki gunung Rinjani (3726 Mdpl), umumnya mereka akan melintasi danau ini dan bermalam di sana. Danau Segara Anak luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 m.

Para pendaki Gunung Rinjani banyak yang membuat jalur pendakian dengan menyusuri lembah di samping danau untuk memberikan sesajen pada dewa di dasar danau. Dari danau terlihat sebuah gunung volcano (Gunung Baru Jari yang berarti gunung baru jadi) yang merupakan anak Gunung Rinjani dan di dekatnya terdapat sumber air panas yang dipercayai mampu mengobati berbagai penyakit kulit. ada dua sumber air panas yaitu Aik Kalak dan Goa Susu.Di goa susu biasanya para pendaki yang turun melalui jalur hutan Torean akan bermalam. Goa susu merupakan sauna alami tempat para pendaki berendam pada malam hari. di sana juga diletakkan banyak sesajen oleh umat hindu.

Di kawasan perkemahan di dekat danau Segara Anak ini terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Dengan perantara pohon ini diyakini bahwa apa yang kita inginkan dapat terkabul Selain itu, terdapat mitos bahwa di tengah danau terletak istana tempat kediaman dewi Anjani yang konon dikenal sebagai penguasa gunung Rinjani.

Segara Anak

Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl

theView

photo by @rickykukeko

Penasaran dengan keindahan Segara Anak? Mari kita cek bersama melalui galeri di bawah ini.