Tumpak Sewu

photo by @adi_mrizal

Air Terjun Tumpak Sewu, atau disebut jugaCoban Sewu atau Grojogan Sewu, secara administratif terletak di aliran sungai Glidih yang menjadi perbatasan kecamatan Ampel Gading Malang dan kec. Pronojiwo Lumajang.

Air Terjun Coban Sewu ini hampir mirip dengan Air Terjun Coban Pitu di Pujon Malang. Namun yang membedakan adalah jumlah sumber mata air di Air Terjun Tumpak Sewu ini jumlahnya lebih banyak, itu juga yang menjadi alasan kenapa air terjun ini dinamakan Coban Sewu karena jumlah sumber mata airnya yang sangat banyak.

Pemandangan dari atas maupun dari bawah akan terlihat sama indahnya. Namun butuh waspada ekstra bila ingin turun karena medannya sangat licin dan berbahaya. Disarankan untuk tidak memaksakan diri apabila kondisi cuaca sedang mendung atau sudah sore. Alternatifnya adalah menyaksikan pemandangan Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) dari atas yang juga tidak kalah keren. Bener-bener seperti “Serpihan Surga” di bumi Lumajang.

Menuju ke...
Tumpak Sewu

Jika dari kota malang, butuh waktu tempuh sekitar 2 jam-an. Rute ke air terjun Tumpak Sewu yakni kota malang – bululawang – dampit-tirtomulyo-pronojiwo. Sekitar 100 meter setelah tugu perbatasan Malang dan Lumajang , ada gang menurun di kanan jalan. Ikuti jalan tersebut dan kamu akan sampai di lokasi air terjun Tumpak Sewu.

Tak perlu merogoh kocek dalam dalam untuk menikmati panorama alam disini. Harga tiket masuk ke air terjun tumpak sewu ini hanya Rp 10.000 saja. Jika kamu ingin turun ke lembah, datanglah lebih pagi.

Fasilitas

Fasilitas di daerah wisata Tumpak Sewu ini sudah lumayan lengkap mulai dari toilet, tempat parkir, hingga penjual salak pondoh sudah ada di sini.

photo by @adi_mrizal

theView

Penasaran dengan keindahan Tumpak Sewu ? Mari kita cek bersama melalui galeri di bawah ini.