Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di pesisir jalur Lintas Selatan, lebih tepatnya berada di desa Gajah Rejo, kecamatan Gedangan kabupaten Malang. Pantai Batu Bengkung merupakan sebuah pantai dengan batuan karang yang membentang membentuk barisan barikade. Batuan karang ini akan memecah ombak besar di tepian pantai. Tak jarang air yang terbawa ombak terjebak dalam cekungan karang sehingga menghasilkan kolam air asin alami yang aman untuk berenang.

Di Pantai Batu Bengkung, kitadapat berjalan jalan, berfoto foto ria atau bahkan hanya bersantai di gubuk gubuk yang telah disediakan di tepian pantai sebagai tempat berteduh. Bagi yang menyukai tantangan, dolaners juga dapat memanjat bukit batu bengkung. Harus menjaga keseimbangan dan super hati-hati jika dolaners melakukan aktifitas ini karena belum disediakan medan pendakian di bukit karang ini. Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan tali tampar yang diikat sebagai alat bantu seadanya menuju puncak. Setelah sampai puncak, dolaners akan dimanjakan dengan hamparan lautan lepas yang lengkap dengan deburan ombak dengan tinggi himgga 4 meter. Tak hanya itu, bukit ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunset. Bagi yang tidak punya keberanian memanjat, dolaners bisa menyaksikan senja di tepian pantai. Ketika golden time tiba, air laut Pantai Batu Bengkung akan surut sehingga barikade karang di tepian pantai akan terlihat sangat jelas. Barikade karang ini sangat bagus dolaners jadikan sebagai foreground foto dengan background lautan lepas dan juga matahari saat golden time

Biaya tiket masuk ke kolam di belakang karang pantai, Anda cukup membayar Rp.5000,- dan untuk parkir sepeda hanya dikenakan Rp.5000,-. Untuk menuju Pantai Batu Bengkung dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 2-3 jam dari Kota Malang. Untuk menuju ke pantai ini dari Kota Malang bisa mengikuti arah menuju Pantai Sendangbiru. Beberapa kilometer sebelum Pantai Sendang Biru, Dolaners bisa melalui jalur lintas selatan (JLS) dan mengikuti arah menuju ke Pantai Goa Cina dan Bajulmati. Sekitar 2 km setelah melewati Pantai Bajulmati akan dijumpai sebuah papan petunjuk yang akan mengarahkan menuju Pantai Batu Bengkung. Lokasi Pantai Batu Bengkung tepat disebelah Pantai Jelangkung.

Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung adalah pantai yang terletak di jalur lintas selatan, sama halnya dengan Pantai Bajulmati dan Pantai Goa Cina, sehingga rute perjalanannya pun sama. Jika Anda mulai dari Kota Malang, setidaknya terdapat dua rute sebagai berikut :

• Pertama : Ketika berada di Kota Malang, pembaca bisa mengambil arah ke Turen, belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan diteruskan ke arah Pantai Sendangbiru. Selanjutnya akan ada pertigaan, disana terdapat papan petunjuk jalan, mengambil arah ke kanan menuju Pantai Goa Cina dan Bajulmati. Jarak antara Pantai Bajulmati ke Pantai Batu Bengkung hanya sekitar 3 kilo ke arah barat. Rute ini dipenuhi jalanan berkelok-kelok karena melewati pegunungan, namun jalanan semua sudah beraspal.
  • Kedua : Rute ke Pantai Bajulmati bisa juga dengan menempuh perjalanan ke Pantai Balekambang. Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur atau melalui Malang Kota – Gondanglegi – Bantur. Dari Bantur, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Balekambang hingga sampai ke perempatan. Belok kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Bengkung. Dari arah barat, pantai ini terletak sebelum pantai Bajulmati. Sejauh pengalaman penulis, rute kedua ini lebih ideal karena akses jalan yang lebih baik sehingga lebih cepat.

theView

Penasaran dengan keindahan Pantai Batu Bengkung? Mari kita cek bersama melalui galeri di bawah ini.