Pelabuhan Donggala

photo by @ar_dhm

Sebelum Pelabuhan Pantoloan dibangun, yang menjadi pelabuhan utama propinsi sulawesi tengah adalah Pelabuhan Donggala sejak tahun 1964. Setelah dengan padatnya arus perdagangan melalui angkutan laut baik dalam dan luar negeri, kegiatan Pelabuhan Donggala mengalami peningkatan sehingga perlu diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk kelancaran arus kapal barang dan penumpang, dengan memperhatikan terbatasnya wilayah darat untuk pengembangan daerah kerja Pelabuhan Donggala serta pertimbangan segi geografis, maka perlu segera dibangun pelabuhan baru sebagai alternatif.

Atas prakarsa unsur perhubungan laut dan instansi terkait serta dukungan dari pemerintah daerah. Pada tahun 1971 tim survey dari Jakarta yaitu PT. Asa Engineering Jakartadan teknisi dari Direktorat Jenderal Perhubugan Laut Departemen Perhubungan mengadakan feasibility study guna menentukan letak strategis serta kemungkinan pengembangannya.

Berdasarkan hasil survey tersebut pada tahun 1975 dibangun pelabuhan pantoloan yang merupakan pelabuhan alternatif dalam rangka menunjang kegiatan angkutan laut dan kepelabuhanan, penyediaan sarana dan prasarananya terus ditingkatkan baik fasilitas-fasilitas pelabuhan maupun penunjang angkutan laut.

Pada tahun 1978 pembangunan pelabuhan pantoloan selesai dilaksanakan dan diresmikan oleh Menteri Perhubungan saat itu Roesmin Noerjadin. Sejak beroperasinya pelabuhan pantoloan, kegiatan Pelabuhan Donggala lebih diarahkan untuk pelayaran rakyat. Pembangunan sarana dan prasarana pelabuhan pantoloan terus ditingkatkan baik melalui anggaran apbn maupun yang bersumber dari bantuan laur negeri.

Status Pelabuhan Pantoloan merupakan pelabuhan yang diusahakan, dalam segi pengusahaannya dikelola oleh PT. (Persero) Pelindo IV cabang Pantoloan sedangkan dari segi pemerintahannya dilaksanakan oleh Kantor Administrator Pelabuhan Pantoloan.[1]

https://id.wikipedia.org/wiki/Pelabuhan_Pantoloan

Menuju ke...
Pelabuhan Donggala

Pelabuhan Pantoloan. Pelabuhan ini berjarak sekitar 22 km dari Kota Palu

photo by @ar_dhm

theView

Penasaran dengan keindahan Pelabuhan donggala ? Mari kita cek bersama melalui galeri di bawah ini.